Pembukaan Perkemahan Bakti Saka Tirta Dharma

Diterbitkan pada Kamis, 25-04-2019 pukul 11:47 oleh muhsyafi

Blado, Selasa 23 April 2019

        Perkemahan Bakti Satuan Karya Tirta Dharma atau disingkat PERTI SAKA TIRTA DHARMA merupakan wadah pertemuan mempererat tali persaudaraan bagi Pramuka Penegak dan Pandega dalam menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dan wawasan tentang Saka Tirta Dharma. Untuk kita ketahui bersama, Saka Tirta Dharma merupakan satuan Karya Pramuka tempat meningkatkan pengetahuan pengalaman, ketrampilan dan kecakapan, serta  kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega, sekaligus sebagai wadah untuk menanamkan kepedulian dan rasa tanggung jawab dalam mengelola, menjaga dan mempertahankan serta melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan yang akan datang.


“Nandur Uwit Tukul Banyu”

        Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 April 2018 di Lapangan Pagilaran ini mengambil tema “Nandur Uwit Tukul Banyu” yang merupakan program kerja PDAM Kabupaten Batang sebagai bentuk kegiatan dalam meningkatkan kapasitas wawasan pengetahuan dan peran serta generasi muda Batang dalam upaya perlindungan dan pengelolaan kebutuhan Air. 

Tema ini dirasakan sangat penting sekali, mengingat sebagai makhluk hidup, kita tidak lepas dengan kebutuhan air. Untuk mendapatkan situasi dan kondisi tersebut kita harus mampu mengelola, menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar kita, sama seperti halnya yang dilakukan oleh adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega dalam Saka Tirta Dharma. Untuk itu, sudah seharusnya kita menanamkan budaya dan kebiasaan untuk selalu menjaga kelestarian sumber air demi kelangsungan hidup yang anak cucu kita. Melihat dari krida-krida yang ada dalam Saka Tirta Dharma, kita semua dapat bersama-sama belajar untuk memulai dari hal-hal kecil dalam menjaga kelestarian air kita, seperti Penaman Pohon Penggunaan Air bersih secara bijak serta hal-hal lain yang sesuai dengan kelestarian air.

        Pada kesempatan ini pula akan dilaksanakan pengkuhan pengurus Saka Tirta Dharma Kabupaten Batang. Pengukuhan ini sebagai bentuk pembentukan kaum muda yang terampil dan bertanggung jawab serta memantapkan pendidikan kepramukaan Kepada Pengurus yang dikukuhkan, saya berpesan untuk mempedomani Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan linkungan hidup dan Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.



Direktur PDAM Kabupaten Batang

Yulianto, SH